IMPLEMENTASI
GOLDEN HABITS
SEBAGAI
UPAYA PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS
SISWA
SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO
Oleh : Ah. Zanin Nu’man,
M.Pd.I
Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi selain mampu memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Namun dalam perspektif berbeda perkembangan teknologi telah dianggap sebagai penyebab timbulnya dekadensi moral dan membutuhkan perhatian serius, terutama di dunia pendidikan.
gerkaitan dengan fenomena problematika dekadensi moral di Indonesia yang sangat kompleks, perlu adanya rekonsiliansi untuk menangani, membimbing dan mendidik yang tepat kepada generasi z. Usaha yang dirancang untuk menanggulagi permasalahan dekadensi moral tersebut dengan penguatan karakter religious siswa dalam hal ini SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo mengimplementasikan pembiasaan yang disebut Golden Habits.Golden Habits itu sendiri di ambil dari buku yang berjudul The 9 Golden Habits for Brighter Muslim, karya DR.H.Agus Sukaca, M.Kes beliau adalah Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah periode 2010-2015. Sembilan kebiasan emas yang dimaksud dalam buku tersebut adalah :
- Tertib Shalat
- Tertib Puasa Sunnah
- Tertib Zakat, Infaq dan sedekah
- Tertib membaca Al-Qur’an
- Tertib Beradab Islami
- Tertib Membaca setiap hari
- Tertib menghadiri kajian
- Tertib berorganisasi
- Berfikir positif
Dalam pelaksanaannya hanya bebrapa kebiasaan yang ditekankan di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, di antaranya adalah :
A. Kebiasaan tertib shalat berjamaah dengan program Hentikan semua aktivitas saat adzan berkumandang untuk shalat berjamaah. Kegiatan ini diikuti semua warga sekolah dengan SOP sebagai berikut :
- Muadzin adalah siswa yang sudah terjadwal
- Saat adzan berkumandang semua warga sekolah menghentikan semua aktivitasnya.
- Semua guru pengajar di kelas mengarahkan siswanya untuk berwudhu dan bergegas ke masjid
- Guru PAI mengarahkan siswan di masjid untuk menata shaf
- Imam (guru PAI) terjadwal
- Kesiswaan menertibkan siswa di tempat-tempat tertentu seprti kantin, kelas bengkel dll.
- Setelah shaf tertata rapi Iqomat dikumandangkan dan shalat dimulai
B. Kebiasaan tertib Shalat Dhuha dengan program Awali aktivitasmu dengan Dhuha kegiatan ini dilakukan setiap pagi dan terjadwal per tingkat/jenjang dengan SOP sebagi berikut :
- Shalat dhuha terjadwal per tingkat/jenjang
- Shalat dhuha dilaksanakan pukul 07.00-07.40 WIB
- Shalat dhuha didampingi guru jam pertama dengan dilakukan pengabsenan terlebih dahulu oleh guru pendamping
- Shalat diawali dengan murojaah surat-surat pendek sampai semua siap.
- Setelah shalat selesai dilanjutkan kultum oleh petugas yang sudah terjadwal
- Setelah selesai siswa kembali ke kelas masing-masing
C. Kebiasaan Tertib membaca al-Qur’an dengan program Pemberantasan Buta Huruf al-Qur’an. dengan menekankan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA). Kegiatan ini dilakukan setiap pagi dengan SOP sebagai berikut :
- Kegiatan BTA dilakukan bagi kelas yang tidak terjadwal Shalat Dhuha, artinya saat kelas X terjadwal dhuha, maka kelas XI,XII kegiatan BTA, saat kelas XI terjadwal dhuha maka kelas X,XII kegiatan BTA, saat kelas XII terjadwal dhuha, maka kelas X.XI
- Kegiatan ini difokuskan bagi siswa yang belum bisa membaca al-Qur’an dipandu oleh teman sebaya yang sudah bisa membaca al-Qur’an dengan didampingi guru pengajar jam pertama
- Kegiatan BTA dilakukan pukul 07.00-07.40 WIB
EmoticonEmoticon