Senin, 21 Februari 2022

JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 9 (MODEL 4F) Pembelajaran Berdiferensiasi

 

Pada Jurnal refleksi minggu ke 9 ini Model yang saya gunakan adalah model 4F yaitu: 
a. Fact (Peristiwa), 
b. Feeling (perasaan), 
c. Fending (pembelajaran), dan
d. Future (penerapan)
 
4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan  penjabarannya, sebagai berikut:

1.      Facts (Peristiwa) 

a. Minggu ini saya memulai belajar paket modul 2, dimulai dengan pretes, dilanjut dengan mulai dari diri,masuk Eksplorasi Konsep secara mandiri dan dilanjut eksplorasi konsep melalui forum diskusi Tentang pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi, pemahaman tentang diferensiasi konten, proses, dan produk, pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan Diagram Frayer, mengidentifikasi dan memetakkan kebutuhan belajar murid (kesiapan belajar murid, minat murid, profil belajar murid). Pebelajaran berdiferensiasi mengakomudir semua kebutuhan siswa tanpa adanya diskriminasi. 
b. Pada tang 12 Pebruari 2022 saya dan CGP yang lain mengikuti loka karya    dengan materi membangun komunitas praktisi. pada loka ini saya diberi pemahaman yang sangat penting dalam membangun komunitas praktisi yang baik. 

2.  Feelings (Perasaan)

    Saya merasa senang dan bersyukur dapat masuk ke Paket Modul 2, banyak hal yang saya pelajari dan ketika masuk eksplorasi konsep secara mandiri, saya menyadari bahwa pengetahuan saya masih kurang. Dengan mempelajari Eklsporasi konsep yang terdiri dari 17 bagian ditambah 2 video, saya sangat bersyukur dan senang  dapat mengikuti PGP ini, karena banyak sekali ilmu baru yang saya dapat disini, yang semula tidak tahu sama sekali, apa itu pembelajaran berdiferensiasi, sekarang menjadi tahu, meskipun masih jauh dari kata sempurna.


3.  Findings (Pembelajaran)

 Pembelajaran yang dapatkan minggu ini adalah : 

a. saya menyadari bahwa pembelajaran yang selama ini saya lakukan masih jauh dari pembelajaran yang berdiferensiasi yang mengakomudir semua kebutuhan siswa. sehingga banyak kebutuhan siswa saya yang tidak terpenuhi 

b. Memahami pembelajaran yang berdiferensiasi yang dibagimenjadi 3 hal  (Diferensiasi konten, proses, dan produk)

c. mengidentifikasi atau pemetakaan kebutuhan siswa bedasarkan kesiapan belajar

d. membuat RPP Berdiferensiasi dan mengevaluasi efektifitas RPP yang dibuat CGP lain.

e. Komunitas Praktisi sangat penting untuk membangun jejaring antar guru untuk mengeksplor strategi dan solusi atas tantangan yang dihadapi

  

4.  Future (Penerapan)


1.Berkolaborasi dengan teman sejawat  merancang RPP pembelajaran berdiferensiasi
2. Mmelakukan pemetakan diagnosis sebelum melakukan pembelajaran berdasarkan kesiapan belajar, minat dan profil untuk menentukan pembelajaran berdiferensiasi yang akan dilakukan
3. Menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas sesuai kebutuhan belajar  siswa
4. Membangun komunitas praktisi dari tingkat yang paling kecil yaitu tingkat sekolah  

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon