Sabtu, 12 Maret 2022

Jurnal Refleksi - Minggu 12

 

Jurnal Refleksi - Minggu 12 Model 5R 

(Reporting, Responding, Relating, Reasoning, Recontructing)

Pembelajaran Sosial dan Emosional

Oleh :
Ah. Zanin Nu'man, M.Pd.I 
CGP Angkatan 4 Kabupaten Sukoharjo



1. Reporting

Senin 7 Maret 2022, Ruang Kolaborasi – sesi pengerjaan

Selasa, 8 Maret 2022, Ruang Kolaborasi –sesi presentasi

Rabu, 9 Maret 2022, Refleksi Terbimbing – asinkron

Kamis, 10 Maret 2022, Demonstrasi Kontekstual

Jum’at, 11 Maret 2022, Lanjutan Demonstrasi Kontekstual dan Pendampingan PP

Sabutu, 12 Maret 2022, Jurnal Minggu ke 12

2. Responding

Dalam Ruang kolaborasi saya mempelajari 5 kompetensi Sosial-emosional (KSE) , sekarang saatnya saya dan CGP yang lain saling berkolaborasi untuk menyusun teknik pembelajaran social-emosional tersebut. Saya melakukan aktivitas berkelompok bersam CGP yang lain di jenjang pendidikan yang sama yaitu SMK. Ini saatnya saya memperdalam pemahaman saya melalui aktivitas yang memungkinkan saya bertanya, melempar ide, mengklarifikasi pemahaman. Dalam sesi ini saya diminta untuk bekerja sama dalam kelompok kecil untuk menyusun teknik pembelajaran KSE. Ada 3 strategi dalam penerapan 5 KSE, yaitu

Rutin: pada saat kondisi yang sudah ditentukn diluar KBM. Contoh kegiatan ekstrakurikuler, apel pagi.

Terintegrasi dalam mata pelajaran : berdoa sebem dan sesudah pelajaran, Ice Breaking.

Protocol :  menjadi budaya atau aturan sekolah yang sudah menjadi kesepakatan bersama dan diterapkan secara mandiri oleh murid atau sebagai kebijakan sekolah untuk merespon situasi atau kejadian tertentu. Misala, menyelesaikan konflik yang terjadi dengan mebicarakannya tanpa kekerasan.


3. Relating

Dengan Kompetensi Pembelajaran Sosial dan Emosional ini CGP diharapkan mampu mengatasi sikap dan emosinya dalam setiap situasi yang dihadapinya, terutama yang menimbulkan konflik dan tekanan

Situasi tersebut baik yang berhubungan dengan tugasnya di sekolah saat menghadapi siswa dan pekerjaan lainnya, perannya di masyarakat, maupun perannya dalam keluarga. 

Agar CGP mampu memiliki kesadaran diri sebagai individu, kesadaran sebagai mahluk sosial, pengelolaan diri dan emosinya, dan dalam mengambil keputusan yang lebih bertanggung jawab

4. Reasoning

Bagi saya Pembelajaran Sosial Emosional ini sangat diperlukan dalam upaya menjadi pribadi seorang guru yang lebih baik. Seorang guru yang mampu memberikan yang terbaik bagi siswanya, memahami keinginan dan kebutuhan siswanya, juga mampu mengenali dan mengelola dirinya.

Sebagai seorang guru yang terkadang harus menghadapi tugas yang multitasking, CGP diberikan bekal dan alternatif penyelesaian berupa pembelajaran yang sangat kompleks dalam menghadapi suatu masalah atau konflik.

5. Recontructing

Saya akan belajar lebih banyak lagi tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional (Mindfulness), terutama cara menggunakan teknik STOP. Saya akan menerapkannya dalam proses pembelajaran

Akan lebih banyak berkoordinasi dengan warga sekolah dan orang tua siswa. Akan selalu mengadakan refleksi dan evaluasi terhadap proses dan hasil pembelajaran.


Semoga Bermanfaat 
Salam & Bahagia 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon